Rabu, 18 Januari 2017

Pengalaman Membuat SKCK 2017 di Bekasi Utara

Assalamuaalaikum Wr Wb
Para Pengunjung blog ku :)

Mau cerita nihh

Tanggal 11 Januari 2017 kemaren ane ada pengalaman bikin SKCK di Posek Bekasi Utara (Perum Prima Harapan)

Ane Tiba di polsek jam 10 an gan,
nah kalo Parkir motor khusus masyarakat itu diluar yah gan... jangan coba2 masukin motor ke polsek. soalnya nanti pasti disuruh keluar lagi dan parkir diluar (di pinggir jalan). :D
trus kita tinggal Masuk aja gan... nanti didalem ada loket gitu

nih gambarnya gan.
Loket Pembuatan SKCK di Polsek Bekasi Utara
Nah nanti pas di loket kita nyerahin berkas syarat buat SKCK gan. dan ini wajib dibawa!
Apa aja syaratnya? cek jepretan ane nih gan.
Persyaratan Buat baru SKCK
Persyaratan Perpanjang SKCK

Nah nanti kalo berkas kita udah lengkap dan kata Polisinya lolos.
Kita lanjut gan ke step berikutnya yaitu Bayar uang administrasi. yap bayar gann! jaman sekarang udah susah nyari yang gratisan gann... hehehe
dan untuk sekedar info bahwa sekarang biaya pembuatan SKCK sudah naik 300% gann
cek jepretan ane lagi gan
Nahh keliatan kan gannnn...
yang awalnya Rp. 10.000,- naik 300% menjadi Rp. 30.000,- gann...
Sepertinya sekarang lagi tren-nya gann dipemerintahan kita... "Tren 3xLipat" :D #CandaGan

lanjut back to topic.    
Nah kita Bayar lahh sesuai tarif yang tertera gan...
setelah bayar nanti kita dikasih blangko gitu gann...
kita disuruh isi blangko sampe semua keisi. dan ga boleh ada yang kosong gann.... misalkan ada pertanyaan "nama istri" walaupun kita masih jomblo #eaaa. kita harus isi "Tidak". pokonya gaboleh kosong gann... kalo ada yang kosong nanti disuruh benerin dan bulak-balik dah jadinya (pengalaman ane) hehehe
nah setelah blagko diisi semu trus kita serahin blangko ke loket.
kita tinggal tunggu nama kita dipanggil...
nanti nama kita dipanggil
dan
Taraaaaaa!!!
SKCK Baru Milik Kita Jadi Sudah, Lengkap dengan Foto Ganteng yang punya :D
SKCK 2017 (sorry di sensor)
Nah gitu gann nanti hasil SKCK baru-nya...
Maaf di sensor ya gan..
soalnya Dok.Pribados :D
dan sekedar untuk informasi bahwa SKCK berlaku selama 6 Bulan terhitung dari hari kita membuatnya.

demikian pengalaman ane yang bisa di share ke pengunjung blog Coretan Khallad
semoga bermanfaat buat pembaca sekalian..
dan jangan lupa gan, komen + di share jika bermanfaat :)


Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)



Tips buat SKCK di Polsek Bekasi Utara

1. Datang pagi!!! (itu wajib)
2. Datang jam 8an. Soalnya jam setengah 12an udah gak diterima gan.... nanti pasti alesanya blangkonya abis :D
3. Bawa Pulpen buat isi blangko
4. Bawa uang Rp. 30.000,- (buat bayar administrasi)
5. Berkas harus lengkap
6. Bilang "Terimakasih" ke Polisinya :D
7. Bayar parkir 2rebu ke abangnya (sedekah)

Sekian dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya :))

Pengalaman Membuat SKCK 2017 di Bekasi Utara 




#CaraMembuatSKCK #MembuatSKCK2017 #SKCKBekasiUtara #PolsekBekasiUtara #TutorialMembuatSKCK #CaraDaftarKerja  #SyaratBuatSKCK #tarifSKCKnaik

120 komentar

ga pake surat pengantar dr kelurahan gan....

Gausah mas... amann :)

maaf baru bales yahh... lagi sibuk kemaren

Klw ktp asal jatim bisa nggak gan bikin SKCK di bekasi. Soalnya wktu dan kesibukan g mndukung buat pulkam. Mohon pencerahannya. Owh iya. Gmana step2 nya mulai dri RT smpai k polres. Terima kasih gan. Di tnggu blesannya

Kalo Agan mau ribet.. bisa aja ngurus di Bekasi pake surat domisili... tapi rada ribet dan takutnya nanti diputer-puter gan...

kalo saran ane sih mending pulang dulu sebentar gan... sehari beres kok...

untuk step mah gausah dari RT bisa gan.
diatas udah saya tulis kan gan...

langsung aja dateng ke Polsek setempat.
Bawa kelengkapan

+ FC KTP dan bawa ktp asli
+ FC Kartu Keluarga
+ FC akte kelahiran

+ Pas Photo ukuran
- 4x5 = 4 lembar
- 3x4 = 1 lembar
- 2x3 = 1 lembar
# warna latar belakang merah (wajib merah) (muka harus jelas)


dateng ke polsek dengan membawa kelengkapan berkas... liat gambar yan ada di artikel gan.
trus udah deh tinggal ke loket bilang mau buat skck baru.

gitu aja sih gan... kalo masih bingung tanya aja yah

"Malu bertanya sesat dijalan" :)

Kalo yg nomor 5 itu gmn gan?

nomor 5 yang
"5. Berkas harus lengkap" gan?

untuk nomer 5 ane jabarin aja deh...
jadi untuk kelengkapan berkas itu meliputi


Pembuatan Baru

1. FC KTP Bekasi Utara (sesuar region sobat) dengan menunjukan KTP asli.
2. FC Kartu Keluarga
3. FC Akte Kelahiran / Keterangan Kelahiran
4. Pas photo ukuran 4x6:4 lembar berlatar belakang (background) merah, Berpakaian sopan, tampak muka, bagi yang mengenakan jilbab harus tampak muka secara penuh.
5. Membuat rumus sidik jari (di Identifikasi).
Pas Photo berwarna (background) merah
ukuran 3x4 : 1 lembar
ukuran 2x3 : 1 lembar

nah itu semua wajib dibawa gan... jangan sampe ketinggalan..

Itu maksudnya yg membuat rumus sidik jari. BTW thanks infonya. Bsk mu bikin ane

gan kalau hari sabtu bisa buat skck ga?

jadi sebenernya kita wajib record sidik jari gan.... tapi pas saya bikin itu blanko sidik jarinya lagi abis.... kata polisinya yaudah gapapa nyusul aja... jang jelas itu cuma buat rekaman sidik jari kita secara detail....

nice gann semoga dilancarkan :)

Bisa gan Insya Allah... tapi jangan lewat dari jam 11 ya gan.... buat jaga-jaga....

jazakallah khair gan, nice info.

Untuk Polres Bekasi sama aja ya gan?nggak perlu pake surat pengantar lagi?
kebetulan ane di bekasi timur..mau bikin di Polres Bekasi..hee

ga usah pake surat pengantar dari rt rw kan ya gan?

Gan kalo ngurus skck tapi ktp hilang gimana cuma ada fotocopyan?

Sama sama gan Fadly
Makasih sudah mau mampir di blog ane....

Kalo ada saran artikel.... Kabarin aja yah gan. Ane sangat senang jika ada....

Sama aja gan Reza... Kalo di polres mah asalkan ktp Bekasi lancar jaya sentosa...

Gausah gan gapapa kok kalo di bekasi mah...

Kalo saran ane, mending ente cetak ulang e-ktp. Cepet kok gan. Tmn ane pernah dan itu tinggal cetak karena data tidak ada yg dirubah..

Dari pada ribet gan... Mending di urus dulu aja ktpnya...

Punten itu sidik jari maksunya gmna ??

Jadi kita cuci foto 4x6=4lbr sma 3x4=1lbr dan 2x3=1lbr, nah kita tinggal bkn sidik jarinya ya gan di polsek apa dimana??

disitu online uda bisa ga gan?

Jadi kalo mau buat skck itu harus perumusan sidik jari dulu...
Tenang aja gan. Tempatnya di polsek kok... Dan nanti diarahin sama petugas...

nanti agan ke loket pembuatan skck ajah gan... nanti sama petugas di rapihin kok... nanti sama dia dipilah yang buat skck dan buat sidik jari...

jadi ente siapin aja kelengkapan yang ane kasih tau... bawa ke polsek or polres... trus kasihin ke loketnya.... gausah takut salah gan... asal dateng jam 9 dan lengkap persyaratan mah. dijamin aman dah... langsung jadi.

hari jumat bisa gak jam 10an, terus itu sidik jari waktu pertama buat skck kan udah pernah kalo gasalah bikin sidik jari gitu nanti mau perpanjang bikin lagi?

Ktp bekasi barat bikin skck dipolsek bekasi timur bisa ga...info

Kalau akta gk ada bs gk ya kira2 gan?

Gan, saya KTP jakarta tinggal dibekasi klo utk membuat SKCK mending dibekasi/ dijakarta ya?

Kalo perpanjang mah gausah rekam sidik jari ualang gan...

untuk alur skck bisa dilihat di gambar yang ane post di atas gan... disitu ada 2 alur...

maaf baru bisa bales gan...

kalo kayak gitu mendingan di polres bekasi aja gan...
soalnya ane blom pernah dapet info yang bisa nih gan...
kalo agan mau coba boleh aja sih gan... trus langsung infoin ke ane ya gan... bisa atau tidaknya.. :)

KTPnya udah E-KTP belum gan?
kalo ane saranin mending di JKT...
soalnya polisi liat dari alamat KTP gan...
kalo agan mau di bekasi.. biasanya diminta surat keterangan domisili dari Kelurahan setempat gan...

waduh... kalo ga ada akta mah bisa ribet gan... mending urus dulu akta gan... soalnya akta berguna banyak buat kehidupan gan....

Gan kalo kita bikinya pake tanda identitas SIM bisa gak ya ? Soalnya ktp bekasi ane ketinggalan di jawa. cuma ada fotocopy

Kak maksudnya yg nomor 5. Membuat rumus sidik jari (di Identifikasi).
Pas Photo berwarna (background) merah
ukuran 3x4 : 1 lembar
ukuran 2x3 : 1 lembar
ukuran 3x4 sama 2x3 itu foto kita kan 😂😂 mau buat aku. Thankyu kak

Permisi.. kalau akte lahir diganti dgn fc ikazah terakhir apa boleh utk persayaratan bikin skck ya?, terimakasih.

kalo hoki si bisa aja gan... ente unjukin FC nya aja... tapi kalo lagi ga hoki, bilang aja ketinggalan aslinya d rmah... :D

kaga usah ngunjukin sim segala gan... di coba dulu aja...

btw kemaren ane ga diminta liatin yang aslinya si gan....

iya atuh neng Unknow hihi (y)
btw bukan foto kita yaaaa.... tapi foto kamuh... :-d
sama-sama... semoga lancar dah...

Mohon maaf Uda... dalam persoalan ini memang aktenya gak ada atau gimana yah? soalnya akte vital uda...

Gan akte bekasi timur n ktp bekasi utara gmn gan?

ente bikinya di polsek bekasi utara aja gan... ikut ktp ajah...

Menarik banget infonya nih. Saya juga baru mau bikin skck. ktp bekasi barat, tinggal di babelan.
kalo liat di skck online sih ada pilihan lampiran antara akta kelahiran / ijazah terakhir. nah mirip-mirip sama komen di atas, saya pengen lampirin ijazah terakhir karena akta kelahiran entah keselip dimana. semoga aja bisa sih

Untuk bekasi utara ga bisa, harus bikin di tempat tinggal sesuai ktp

Ijin komen Gan, td ada yang tanya untuk surat pengantar kelurahan beda domisili apakah wajib? Berdasarkan apa yang saya lihat di foto yang agan posting itu WAJIB. Jadi selain KTP kelurahan Bekasi Utara harus menggunakan surat pengantar kelurahan yang berarti surat keterangan RT/RW harus dibuat(untuk mendapatkan suket kelurahan).thanks

Gan mau tanya qlo perpanjang persyaratan.a cuma bawa foto 4x6:4 sama Skck yg lama, apa masih ada lg yg lain apa pake foto lg gk gk gan 2x3 mohon bantuan.a

kalau buat baru pakai surat pengantar rt, rw, kelurahan nd kecamatan ga ? bekasi timur nie saya .

Di semua bekasi kalo ngurus skck emang gak perlu pake surat pengantar atau cuma di bekasi utara?

Semoga Bisa gan... Berkabar ke ane ya gan kalo bisa pake ijazah terakhir... Biar Pembaca lain yang aktenya ilang bisa tercerahkan...
Thanks udah mampir gan :)

Kalo beda domisili wajib gan...
Yups WAJIB gan..
soalnya butuh surat domisili biar si polisi tau kalo kita lagi bermukim bukan ditempat asal ktp kita...

makasih udah mampir gan :)

ada 2 alur gan..

saya mau tau dulu, SKCKnya dalam keadaan berlaku dan ingin diperpanjang.
atau
SKCKnya udah kelewat masa aktifnya gan?

Kalo Prosedur sewajarnya Pakai mba lenna... :)
ke pak Rt ajah bilang mau bikin surat pengantar buat bikin SKCK.

kalo di utara, pas saya bikin kemaren sih ga diminta mba... :)

kalo masih bingung tanya aja yah

makasih sudah mampir :)

kalo prosedur Nasionalnya sih harus pake mba...
tapi kemaren ane pas di utara sih gak diminta mba...
jadi langsung ajah kalo di utara mah...

untuk wilayah lain ane belom dapet info nih mba...

kalo saran ane si dimanapun kita mau buat SKCK mending mampir ke kantor polisi dulu... trus baca poster prosedur SKCK. atau langsung tanya ke Polisi juga bisa... soalnya setiap daerah beda kebijakan

makasih sudah mampir mba Fitri :)


#UntukBedaDomisiliBedaKasus yah

Kak mau tanya.

Rumah di Ujung Harapan (Masuk Kab.Bekasi), kalo bikin skck di Prima Harapan (Kota Bekasi) bisa ga ya ?

wah thx banget infonya bermanfaat sekali bang...
saya mau bikin skck dari dulu cmn ribet waktunya ketemu rt rw dll ahaha
tp kalau gt aja ya berangkat sekarang saya ... :D

Kalau perpanjang ada buat admin ga gan

Gan kalau KTPnya blm e KTP bisa gx bikin SKCK soalnya ane e KTP lama banget blm jadi ane di daerah Jatiasih

Mau tanya .. Sya tggl dikebalen klu bikin skck di prima harapan tnp pk surat pengantar bisa apa ga ? Mohon jawaban ny y

Gan klo perpanjang kena biaya ga

Ko jam 11 udah tutup yaa perpanjang skck

Klo bekasi timur polsek yg di rawa lumbu yaa..

permisi gan mau tanya.. sy tinggal di tambun utara. untuk pembuatan skck nya dimana ya gan?
dibantu ya gan info nya.
terima kasih sobat gan

Bekasi utara pondok ungu permai, polseknya dimana

Gan, skck ane mati, waktu itu bikin dijakarta nah sekarang domisili dan ktp udah alamat bekasi utara, bisa ga ya diperpanjang di jkt skck nya?
(minta info gan)
apa harus buat baru di bekasi?
(saran nya gan)?
kalopun buat baru buat dipolres atau dipolsek (prima harapan) gan?
pakai domisili rt/rw ga gan?
kan domisili sesuai alamat

Mkasih mas, info nya membantu sekali.

Ujung Harapan masuknya Kabupaten... jadi gak bisa di Prima Harapan... beda tempat mba...

iya gan.... Gas aja langsung dahh.. asal bawa duid gan kalo jaman now mah :D

kena admin juga gan untuk perpanjangan :)

mohon maaf, kebalen itu masuknya kabupaten apa kota yah mba? kalo kota... bisa tapi untuk kabupaten beda lokasi

terimakasih sudah mampir

kena biaya gan untuk perpanjang.... biayanya ada di poster atas gan.... :)

usahakan jam 9 udah di tkp gan.... kalo jam 11 banyak PRnya nanti... hehehe..

Untuk rawa lumbu sepertinya iya mba... gampangnya sih gini... Cari ajah Polsek terdekat sama rumah mbanya... insya allah itu tempatnya :)

iya gan...
gampangya sih gini gan...

Tinggal agan cari polsek terdekat sama rumah agan... insya allah itu tempatnya :)

sama-sama gan... berkabar ajah :D
thanks udah mampir

Kalo masuk Bekasi Utara... tempatnya di Polsek Prima Harapan gan....

Buat baru ajah gan di polsek Bekasi Utara...
langsung ajah gan ke TKP...
bawa persyaratan ajah

thanks udah mampir gan :)

Sama-sama Mba :)
Thanks yah sudah mampir :D

pakai domisili rt/rw/kelurahan ga gan?

Gan ane akte sma ijasah trakhir ny di kampung semua gimna ya solusinya buat skck ny.bisa g ya gan

Untuk Bekasi Utara tidak juga tidak apa-apa gan...
yang penting persyaratan lengkap

Ijasah kan gak dipake gan... baca pesyartan dulu itu diatas gan....

Gan ane dari cibitung, masuknya kan kab.bekasi, mau bikin di polsek tambun, harus bawa surat pengantar gak ?

Mau Tanya kalau perpanjangan skck APA perlu memakai rekan sidik jari?? Tadi Saya ke polres katanya memakai sidik jari. Padahal perpanjang Kan sudah direkam yah
Oh ya polres Bekasi Hari sabtu menerima perpanjangan skck gak yah?

betul gan cibitung masuknya kabupaten...
Untuk setiap Polsek terkadang berbeda regulasinya gan...

seharusnya sih gapapa gan ga pake surat pengantar... tapi lebih baiknya siapin ajah gan...

Tergantung regulasi petugasnya gan... saya aja bikin SKCK kemaren gak sempet sidik jari... soalnya belangkonya abis katanya polisi... jadi katanya nanti ajah....

tapi setelah saya liat poster diatas gan... seharusnya udah gak perlu rekaman lagi...

seharusnya website polisi ada yang bisa forum tanya jawab kayak gini yah gan... biar memudahkan masyarakat :D

saya kebetulan hanya rakyat jelata yang tak tahu informasi lebih gan :D

Untuk sabtu seharusnya buka gan.. tapi setengah haru sepertinya

untuk sarat nya gan..

Pembuatan Baru

1. FC KTP Bekasi Utara (sesuar region sobat) dengan menunjukan KTP asli.
2. FC Kartu Keluarga
3. FC Akte Kelahiran / Keterangan Kelahiran
4. Pas photo ukuran 4x6:4 lembar berlatar belakang (background) merah, Berpakaian sopan, tampak muka, bagi yang mengenakan jilbab harus tampak muka secara penuh.
5. Membuat rumus sidik jari (di Identifikasi).
Pas Photo berwarna (background) merah
ukuran 3x4 : 1 lembar
ukuran 2x3 : 1 lembar

saya ngerti lalu....stlh data FCnya dicek petugas..nanti aslinya harus diperlihatkan atau tidak ya...makasih

untuk persyaratan pas saya kemaren itu yang diminta liat asli hanya KTP-nya saja gan...

Maaf baru mampir lagi. Ternyata gabisa gan. Akta itu salah satu syarat wajib. Hihi. Tapi saya udah jadi kok alhamdulilah.

Maaf baru mampir lagi. Ternyata gabisa gan. Akta itu salah satu syarat wajib. Hihi. Tapi saya udah jadi kok alhamdulilah.

mau tanya, perekaman sidik jari bisa di polsek kan? atau harus ke polres? ditunggu jawabannya. makasih sblmnya :)

Gan..gw kan lgi di kalimantan ktp gw bekasi rmh gw juga deket polsek prima harapan..mau daftar online gmna ya..

Gan..gw kan lgi di kalimantan ktp gw bekasi rmh gw juga deket polsek prima harapan..mau daftar online gmna ya..

saya aja belum rekaman sidik jari mba... :D
soalnya kermaren abis blangko

sidik jari bisa polsek bisa polres mba... bebas ajah

maaf baru bales

gausah online gan.... dateng ajah ke polsek bawa persyaratan... trus jadi deh. tapi ke Bekasi dulu gan...

gausah online gan.... dateng ajah ke polsek bawa persyaratan... trus jadi deh. tapi ke Bekasi dulu gan...

Wah mantab nih admin nya (Mas Adwa Khallad).. salute and give applouse to admin yang setia membalas terus komentar dari setiap pertanyaan temen-temen blogger lainnya.

Salam Kenal Mas Adwa ..

Makasih banyak Mas Yudha... makasih udah mau mampir ke blog saya...

bukan apa apa Mas Yudha... tapi saya bingung mau isi blog ini apa lagi... jadi yah sebisa saya balesin komentar warganet yang kebingunan ajah...

soalnya saya naro halaman request artikel juga ga ada yang request.. hehehe :D

Oke Mas Yudha salam kenal juga yahhh :)

Barti klo jam 11 sampe polres udah gk bs dterima ya buat urus perpanjangan skck?

Mas lokasiny itu di bulan2 apa dimana mas ane mau bikin lupa tempatny

Pagi ajah gann... jangan siang siang... lebih pagi lebih baik :)

Gan, mau tanya ini kan polsek bekasi yg di daerah mau ke duta harapan kan yaa ? Saya bekasi utara baru mau perpanjangan skck lagi tp kata sodara saya di polsek udah gabisa. Katanya harus ke polres klo mau perpanjangan. Itu bener apa enggak gan ? Atau masih bisa perpanjang skck di polsek ? Thx

bisa gan di polsek juga kok... gamungkin polsek nolak perpanjangan.

agan coba dateng ke polsek yang di perum prima harapan.

disana kalo berkas udah memadai.. agan bisa langsung perpanjangan

sama kalo ada regulasi baru tolong kabarin saya gan.... setau saya yang namanya polsek yah nerima pembuatan baru dan perpanjangan gan...

selamat mencoba yah gan

Kemaren saya abis perpanjangan gan dan ternyata emang bisa. Gak ada regulasi baru sih cuma beda nya sekarang kita gak direpotin harus ngisi blanko yg berlembar-lembar itu sih. Jadi pas kita dateng, nyerahin berkas nya lengkap trs bayar 30rb, abis itu kita disuruh tunggu nanti dipanggil. Gak sampe setengah jam SKCK yg baru udah jadi, tinggal di bagiin doang. Saya kemaren dateng jam 8an jam set 9 udah selesai.

Btw makasih gan infonya sebelumnya yaa

mba maaf mau nanya, apa persyaratannya masih sama seperti yg disebutkan di atas?

kak mau nanya dong, bedanya skck bikin di polsek sama polres apa? sama pengaruhnya buat kerjaan apa ya kak? makasih yaaa mudah2an dibales wkwk

sama aja kak... mauu dipolsek sama di polres...
SKCK sebagai syarat utama buat ngelamar kerja kak...
tapi tempat pembuatanya gak berpegaruh mau di polsek ataupun di polres.

maaf yahhh saya lagi sibuk di kampus... jadi baru sempet cek blog...

terimakasih sudah berkunjung kak Dita :)

Gan klo misal kan ane dri banjar patroman,mau perpanjang di kebumen jateng kira" bisa nggak yah tpi blm punya domisili,karena skrg ane menetap di kbumen ane dah jrg ke jabar lagi trs ane hrs gamana yah

baiknya ente ke RT RW buat minta surat domisili gan... biar lancar... soalnya kalo ga gitu ente cuma punya 1 pilihan...
balik ke alamat ktp

Jadi kali di luar bekasi harus pake surat pengantar RT?

Gan sekarang tempat perpanjang SKCK di Lotte mart itu bukan sih gan ??

Klo skck udh mati 1thn lbh....
Itu bisa di perpanjang apa hruz bkin baru ya.

Saya bsok mau ngambil skck jam 8 udh buka blm yah

Permisi minta infonya ktp saya jakarta timur,domisili bekasi utara bisa ga ya saya perpanjang skck di bekasi utara?

Gan ktp saya bekasi utara, kalo saya mau bikin skck di polres bukan polsek bisa ga? Ada pengaruhnya ga?

Gan ktp saya bekasi utara, kalo saya mau bikin skck di polres bukan polsek bisa ga? Ada pengaruhnya ga?

Pembaca yang bijak itu yang meninggalkan jejak setelah membaca :)
EmoticonEmoticon